Senin

Ilmuwan Temukan Materi Gelap Misterius

http://static.inilah.com/data/berita/foto/1777588.jpg
London – Ilmuwan Cryogenic Rare Event Search with Superconducting Thermometers (CRESST) berhasil mendapat bukti yang membawa mereka mendekati pada misteri ‘materi gelap’.
Rekaman bukti Weakly Interacting Massive Particles (WIMPs) atau lebih dikenal dengan materi gelap ini membawa para ilmuwan selangkah lebih maju memecahkan misteri materi yang diduga kuat mengisi sejumlah besar materi di seluruh semesta yang awalnya sangat sulit dideteksi tersebut.
Juru bicara CRESST mengatakan, “Jika benar ada, materi gelap bisa berwujud halo di galaksi kita yang merupakan mayoritas massa galaktik”. Pengujian CRESST yang sedang berlangsung saat ini dikubur 1.400 m di bawah Gran Sasso, Italia tengah.
Pengujian dilakukan guna melakukan ‘skrining’ dari latar radiasi kosmik.
“Hasil sangat menarik namun belum semeyakinkan seperti yang kami inginkan. Melalui temuan ini, misteri materi gelap akan segera terpecahkan meski masih banyak hal yang harus dilakukan. Kami berharap jawaban diperoleh saat pengujian selanjutnya,” papar Sean Paling yang mengerjakan proyek serupa seperti dikutip Dailymail.
Konfirmasi temuan ini akan menguak rahasia misteri materi gelap, tautan kasat mata yang telah lama disebut-sebut sebagai materi yang membuat semesta berbentuk seperti saat ini. [mor]


EmoticonEmoticon