Kamis

Apakah Benar Seks Bisa Bikin Wanita Amnesia?

Sebuah studi kasus yang diterbitkan di Journal of Emergency Medicine edisi September melaporkan, seorang perempuan berusia 54 tahun mengalami kehilangan ingatan setelah berhubungan intim dengan suaminya.

Pasien tersebut datang ke unit gawat darurat Rumah Sakit Georgetown University, ia mengeluh tidak bisa mengingat apa-apa 24 jam sebelum mencapai klimaks.

Para peneliti kasus ini, Drs Kevin Maloy dan Jonathan Davis dari Georgetown, Mendiagnosis  sang pasien dengan Transient Global Amnesia (TGA), penyakit langka dengan kehilangan memori secara tiba-tiba. Menurut para ahli, kondisi bersifat sementara dan tidak mungkin terjadi lagi.

"Transient global amnesia disebabkan pengacakan sirkuit memori dalam otak, seringnya disebabkan oleh pemicu fisik atau emosional," kata Dr Carol Lippa, seorang profesor neurologi di Drexel University Medical School, seperti dilansir ABW News.

Para ahli mengatakan penyebab TGA memang tak jelas, tetapi bisa terjadi setelah aktivitas fisik yang berat, sakit parah, atau tekanan psikologis.

Sekitar 3-5 dari 100 ribu orang mengalami kondisi ini setiap tahunnya, menurut studi tersebut. Pria dan perempuan di atas 50 tahun yang paling mungkin mengalami TGA.

Lippa pun mencatat bahwa seks dapat menyebabkan efek buruk lainnya pada kesehatan seseorang, termasuk serangan jantung.

Bahkan serangan jantung mendadak, terutama pada orang yang memiliki faktor risiko kardiovaskular. Tapi, Lippa juga menyebutkan manfaat fisik dari hubungan seksual.

"Seks bisa meningkatkan kekebalan tubuh, meredakan stres, memperbaiki tidur, menciptakan ikatan antara pasangan, dan mengurangi risiko beberapa jenis kanker," papar  Lippa. (berita8.com)


EmoticonEmoticon