Senin

Google Doodle Hari Ini Menghormati “Marie Curie,”

Tags

Lagi-lagi Google melalui desain kreatif logonya yang dikenal sebagai Google Doodle, hari ini merayakan hari ulang tahun ke 144 Marie Curie. Dia adalah fisikawan keturunan Polandia yang bermukim di Perancis. Seorang kimiawan terkenal untuk penelitian radioaktivitas .  Dia adalah orang pertama yang dihormati dengan dua Hadiah Nobel  dalam fisika dan kimia.  Dia juga adalah profesor wanita pertama di Universitas Paris .
Wanita hebat ini, bernama lengkap Marie Skłodowska Curieini  lahir  dengan nama Maria Salomea Skłodowska di Warsawa, Polandia. Dia tinggal di sana sampai berusia 24 tahun.  Kemudian pada 1891 dia mengikuti kakaknya Bronisława untuk belajar di Paris, dimana ia meraih gelar tertingginya dan memulai penelitian ilmiahnya.
Curie 1903 - Wikipedia.org
Pada 1903 Royal Swedish Academy of Sciences memberikan penghargaan kepadanya, suaminya Pierre Curie, dan Henri Becquerel  hadiah Nobel dalam bidang fisika, “sebagai pengakuan terhadap pelayanan yang luar biasa yang telah dilakukan mereka dalam riset mereka pada radiasi fenomena yang ditemukan oleh Professor Henri Becquerel. “
Curie 1903 - Wikipedia.orgYang lebih hebat lagi, delapan tahun kemudian, yaitu pada tahun 1911 ia kembali menerima Nobel dalam bidang Kimia , “sebagai pengakuan atas jasanya bagi kemajuan ilmu kimia oleh penemuan elemen radium dan polonium, dengan isolasi radium dan studi tentang sifat dan senyawa dari elemen luar biasa ini. “
Curie adalah wanita pertama yang menerima  Nobel, dia juga adalah wanita pertama yang menerima dua penghargaan Nobel dalam dua bidang yang berbeda. Hanya ada dua orang yang menerima Nobel dalam dua bidang yang berbeda, selain Cure,  penerima Nobel lainnya adalah Linus Pauling untuk bidang kimia dan perdamaian. Hebat bukan ?
Walau sudah bermigrasi ke Perancis dan menjadi warga negara yang setia dan aktif. Curie tidak pernah pernah kehilangan identitas Polandianya.  Selain tetap mengajarkan anak-anaknya bahasa Polandia, dia berksempatan membawa mereka berkunjungan ke Polandia.  Bahkan member nama unsur kimia pertama yang dia temukan dengan nama ” polonium ” pada tahun 1898,  untuk menghormati negara asalnya. Selama Perang Dunia I ia menjadi anggota komite untuk Polandia (Komitet Wolnej Polski). Pada tahun 1932 ia mendirikan Institut Radium (sekarang bernama Maria Skłodowska-Curie Institute of Oncology) di kota asalnya, Warsawa. Institut ini dipimpin oleh adiknya, Bronisława.
Marie Curie - Wikipedia.org
Marie Curie - Wikipedia.orgCurie mengunjungi Polandia untuk terakhir kalinya pada musim semi 1934.  Hanya beberapa bulan kemudian, pada tanggal 4 Juli 1934, Curie meninggal di Sancellemoz Sanatorium di Passy , Haute-Savoie , Perancis timur. Ia menderita penyakit akibat radiasi. Banyak karya yang dilakukan di gudang tanpa langkah-langkah pengamanan, dia sering membawa tabung reaksi berisi isotop radioaktif dalam saku dan menyimpannya di laci mejanya
Dia dikebumikan di sebuah pemakanan di Sceaux, dimana suaminya, Pierre, dikbumikan di sana.  Enam puluh tahun kemudian, pada tahun 1995, untuk menghormati prestasi mereka yang lua biasa, jenasah keduanya dipindahkan ke Panthéon, Paris .  Dia menjadi wanita pertama yang dihormati untuk sebuah pemakaman di Panthéon.
Selain menerima Nobel Prize in Physics (1903) dan Nobel Prize in Chemistry (1911), dia juga menerima penghargaan yang lainya yaitu Davy Medal (1903), Matteucci Medal (1904) dan Elliott Cresson Medal (1909).

Sumber : Wikipedia.org - teknologi.kompasiana.com

1 komentar so far

Oh brarti google skarang tu menghormati Marie Curie


EmoticonEmoticon