Jumat

Google Doodle Hari ini Merayakan HUT “Louis Daguerre” ke-224 Tahun

Tags

13215653531354129898
Seperti biasanya, kembali lagi Google melalui desain kreatifitasnya Google Doodle memperingati hari besar para tokoh dunia. Kali ini, yaitu pada hari ini Google Doodle memberikan penghormatan dengan merayakan hari ulang tahun ke 224 tahun seorang tokoh terkenal dunia di bidang fotografi.  Dialah  Louis Daguerre atau dikenal dengan nama lengkap Louis Jacques Mande Daguerre. Dia lahir di Cormeilles-en-Parisis, Val-d’Oise, Perancis pada tanggal 18 November  1787.  Daguerre  adalah seorang seniman Perancis dan fisikawan terkenal, dan diakui untuk penemuan proses Daguerreotype pada fotografi
Louis-Jacques-Mandé Daguerre - Wikipedia.org
Louis-Jacques-Mandé Daguerre - Wikipedia.org
Daguerrotype adalah sebuah metode atau proses untuk membuat foto yang pertama kali dipublikasikan di dunia. Metode atau prose percetakan ini diciptakan untuk pertama kalinya oleh dua orang sahabat yaitu Louis Daguerre dan Nicophore Niepce Perancis pada tahun 1834. Untuk mengetahui proses ini secara sederhana, kita dapat mengetahui cara kerja Polaroid pada saat sekarang ini dimana menghasilkan gambar tunggal yang tidak direproduksi (seperti proses Talbot).
Pada awalnya Daguerre   magang sebagai seorang arsitektur, desain teater, dan dia adalah seorang pelukis panorama bersama dengan Pierre Prevost , pelukis panorama pertama yang berasal dari Prancis. Dia sangat terampil dan mahir untuk  aksi theatrical illusion. Sebagai seorang desainer,  kemudian dia ikut menciptakan menciptakan Diorama , yang dibuka di Paris pada bulan Juli 1822.
Pada 1822 Joseph Nicéphore Niépce memproduksi foto permanen pertama dunia (dikenal sebagai Heliograph.  Daguerre bermitra dengan Niépce namun tiga tahun kemudian, memasuki awal kerja di tajun ke empat. Niepce meninggal mendadak pada tahun 1833.  Kalao Niépce berpikir suatu proses cepat untuk menghasilkan pelat cetak, maka Daguerre berpikir bahwa proses yang dikembangkan oleh Niepce bisa membantunya mempercepat pembuatan dioramanya.
Daguerre akhirnya mengumumkan terobosan baru berupa proses Daguerreotype , setelah bertahun-tahun bereksperimen, pada tahun 1839, dengan Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis mengumumkan proses tersebut pada tanggal 7 Januari tahun yang sama.  Hak Paten yang dimiliki Daguerre diakuisisi oleh Pemerintah Perancis, sehingga pada tanggal 19 Agustus 1839, Pemerintah Perancis mengumumkan penemuan Daguerre dinyatakan sebagai hadiah dan “Gratis untuk Dunia.”
Daguerre meninggal pada 10 Juli 1851 karena serangan jantung di Bry-sur-Marne , 12 km (7 mil) dari Paris.  Sebuah monumen menandai kuburannya di sana. Nama Daguerre adalah salah satu dari 72 nama yang diabadikan di menara Eiffel .


EmoticonEmoticon