Jumat

Facebook Timeline (?)

Tags

Kalau anda pengguna Facebook, saya akan bertanya, sudah berapa kali anda mengalami perubahan tampilan Facebook? Pasti sudah berkali-kali, apalagi mengikutinya sejak tahun 2007 atau awal 2008. Kali ini perubahan tampilan Facebook, walaupun belum secara otomatis diberlakukan, namun  menurut pendapat saya, tampilan kali ini bakalan ditentang habis karena “menelanjangi” pengguna Facebook  tanpa disadari mereka. Saya melihat akan membawa dampak besar pada penggunaan Facebook  ke depan walau sebagian besar orang menyukai tampilan barunya ini. Walaupun baru berlaku secara menyeluruh di Selandia Baru saat ini, namun saya jamin akan berlaku untuk Negara-negara lainnya, temasuk Indonesia.

Pada bulan Desember ini, saya mencoba tampilan baru Facebook yang disebut dengan “Timeline” yang saat itu masih dalam versi beta. Sesuai dengan namanya, selain dengan tampilan yang berbeda, aktivitas kita yang biasanya terekam melalui “wall” akan mudah ditelusuri sesuai dengan urutan waktu.  Kalau biasanya untuk melihat postingan wall yang lama, kita harus bersabar dan berusaha mencapai postingan yang dituju secara bertahap sesuai urutan waktu.  Dengan tampilan “Timeline”,  tidak perlu lama menunggu, kita dapat berpindah dari waktu ke waktu dengan mudah untuk melihat berbagai cerita lama tentang aktivitas kita,  bahkan secara cepat dapat menunjukan aktivitas awal, ketika  kita bergabung bersama Facebook.

Facebook Timeline bisa diaktifkan melalui link berikut ini: http://www.facebook.com/
about/timeline
.

Setelah tampilan baru ini menyebabkan semua postingan saya yang berstatus public share dapat dilihat oleh siapa saja bahkan bagi mereka yang belum mengenal dan berteman dengan saya, maka saya memutuskan untuk menghapusnya aplikasinya. Kebetulan untuk membuat timeline versi beta, terdapat tutorial  yang menuntun anda membuat aplikasi Facebook terlebih dahulu.

Setelah menghapus aplikasi “timeline”, saya kembali merasa aman dan terlindung dengan privacy settings yang sekarang. Namun apa yang terjadi, semalam saya melihat profil Facebook saya dikembalikan pada tampilan “timeline” lagi. Siapa yang tidak kesal,  bahkan semua aplikasi Facebook sudah saya hapus semua, namun masih saja tampilan timeline tidak mengalami peberubahan. Karena kesal, akhirnya saya mengirimkan complain ke facebook mengenai hal ini, bahwa saya tidak menginginkan tampilan timeline dan kembalikan tampilan yang lama.  Beberapa menit stelah saya mengirimkan complain itu, saya menjadi ingat,  dulu banyak orang memprotes Facebook untuk mengembalikan tampilan lama mereka, namun Facebook tidak menghiraukannya. Saya merasa complain yang saya kirimkan sebelumnya akan percuma seperti cerita masa lalu tersebut.  Terbukti benar, banyak sekali pengguna Facebook yang memprotes hal yang sama, bahkan ada yang sampai mengumpat, seperti yang dapat dilihat https://www.facebook.com/help/community/question/?id=1839765

Lalu bagaimana mengatasinya ? Satu-satunya jalan, anda ikuti langkah untuk mengaktifkan tampilan timeline melalui tutorial di sini http://techcrunch.com/2011/09/22/how-to-enable-facebook-timeline/  Kemudian telusuri semua posingan lama anda yang bersifat public, rubahlah privacy untuk masing-masing postingan tersebut atau kalau anda merasa perlu dihapus, lakukan saja, karena mungkin ada postingan lama kita yang  membuat kita menjadi malu sendiri, apalagi pada awal-awal mengenai Facebook. Capek ? Pasti capek, karena ini satu-satunya cara yang dapat anda lakukan untuk merubah privacy postingan wall anda yang bersifat public.

Kalau anda tidak merubah tambilan Facebook anda sekarang ke tampilan timeline dengan cara beta tersebut, anda akan sulit untuk mengedit semua itu nantinya. Dan pada saatnya tiba “Timeline” diberlakukan sebagai tampilan baru Facebook, public dapat melihat bahkan mengambil data-data anda dengan mudah dan gratis semua postingan anda yang bersifat public, belum lagi kalau anda sendiri tidak menggunakan Privacy settings dengan baik saat ini. Semoga saja tidak ada yang “memalukan”, bersifat rahasia maupun sangat pribadi bagi anda. Bagi pengguna Facebook baru atau yang membuat akun baru selama tahun 2011, anda “mungkin” aman, Namun bagi anda yang memiliki Facebook sebelum tahun 2011 atau justeru sebelum tahun 2010, sebaiknya anda memperhatikan hal ini.

SEBAIKNYA :Jangan dilakukan apabila Anda belum siap dan bisa mengembalikan ke tampilan awal apabila terjadi masalah.

2 komentar

Wah Bisa Di coba ni


EmoticonEmoticon