Kamis

Pengertian Bandwidth Dedicated dan Bandwidth Up To

Perbedaan Bandwidth Up To dan Dedicated. Sering kita mendengar istilah Bandwidth up to nya Speedy atau Dedicated nya Astinet yang konon mencapai harga jutaaan rupiah perbulan. Sekarang keduanya menjadi paket internet PT. Telkom walaupun untuk program Astinet tidak dipublikasikan atau di iklankan seperti paket internet Speedy.
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa bandwidth Speedy misalnya 1 MB itu adalah b/w up to yang artinya speed asimetris dgn perbandingan 1:4 ato 1:8, artinya speed upload-nya adalah 1/4 ato 1/8 dari speed download. Hal ini sangat berbeda dengan b/w dedicated dimana speed upload sama besarnya dengan download selain itu speed sangat stabil sesuai kontrak.

Analoginya begini mas.
Ada sebuah pipa ledeng dialokasikan untuk menyalurkan air sebesar 10.240 cc per detik (10 mbps) dan dialokasikan untuk 160 pelanggan. Setiap pelanggan dipasang keran induk dengan kemampuan mengalirkan air sebesar 1.024 cc per detik (1 mbps).
* Jika ke-160 pelanggan tersebut membuka kerannya secara serentak maka masing-masing hanya mendapat 64 cc per detik (64 kbps);
* Jika ada 40 pelanggan yang membuka keran secara serentak maka masing-masing mendapat 256 cc per detik (256 kbps);
* Jika ada 4 pelanggan yang membuka keran secara serentak maka masing-masing mendapat 1.024 cc per detik (1 mbps) karena kemampuan keran pelanggan hanya sebesar itu;
* dan seterusnya.
Jadi kecepatan koneksi yang didapat seorang pelanggan speedy tergantung pada aktifitas pelanggan speedy lainnya. Dengan begitu para pelanggan speedy harus memaklumi kalau pada jam-jam sibuk hanya mendapatkan kecepatan koneksi yang kurang memuaskan.
Dalam layanan dedicated, kecepatan koneksi yang diberikan oleh ISP lebih terjamin yaitu sesuai dengan kontrak. Jika anda membeli kecepatan koneksi tertentu, misalnya 1 mbps, untuk dipakai sendirian maka anda dijamin (secara relatif) mendapatkan kecepatan sebesar itu. Penggunaan secara sendirian disebut CIR (Committed Information Rate) 1:1. Boleh jadi anda membeli kecepatan koneksi 1 mbps tapi dibagi 2 dengan pelanggan yang lainnya (CIR 1:2), itu artinya kecepatan yang dijamin untuk anda adalah 512 kbps tetapi memungkinkan anda mendapat 1.024 kbps (1 mbps) jika kebetulan pelanggan lain tersebut tidak sedang melakukan aktifitas. sumber
Masih di sumber yang sama, sekedar berbagi info, untuk warnet terutama game online biasanya bandwidth yang diperlukan kebanyakan untuk download saja untuk itu lebih hemat dipergunakan yang up to.

2 komentar

Mau Tanya kalau user itu pengaruh juga gak ??
misalkan 2 kantor, pertama 10 user yg kedua 20 user, itu berpengaruh atau tidak??


EmoticonEmoticon