Sabtu

Pengertian Interferensi

Interferensi adalah interaksi antar gelombang di dalam suatu daerah.Interferensi dapat bersifat membangun dan merusak. Bersifat membangun jikabeda fase kedua gelombang sama sehingga gelombang baru yang terbentuk adalahpenjumlahan dari kedua gelombang tersebut.

http://4.bp.blogspot.com/_srNI1ByHI_U/TR_xJ3j2GVI/AAAAAAAAA_w/CPFRwSEPdss/s1600/interferensi.gif

Bersifat merusak jika beda fasenyaadalah 180 derajat, sehingga kedua gelombang saling menghilangkan. Interferensi terjadi ketika dua atau beberapa gelombang berinteraksi satudengan lainnya, sementara difraksi terjadi ketika suatu gelombang melewati suatuapertur (celah titik). Interaksi tersebut diakibatkan oleh prinsip superposisi. Baikinterferensi, difraksi, maupun prinsip superposisi merupakan konsep pentinguntuk dipahami dalam upaya mengenali beberapa aplikasi gelombang. Ketika dua gelombang berinteraksi, prinsip superposisi mengatakan bahwafungsi gelombang yang dihasilkan merupakan penjumlahan kedua fungsigelombang pembentuk itu masing masing.

Fenomena ini umumnya merupakanpenjelasan tentang interferensi. Bayangkan suatu kasus dimana butir butir airmenetes ke dalam sebuah bak berisi air. Bila setiap tetes air menyentuk