-->

Type something and hit enter

ads here
On
advertise here
http://media.vivanews.com/thumbs2/2011/09/16/123399_kepulauan-fiji_300_225.JPGGempa berkekuatan 7,3 skala Richter mengguncang kepulauan Fiji di Samudera Pasifik pada Jumat pagi, 16 September 2011. Beruntung, gempa tidak sampai menimbulkan gelombang tsunami.

Berdasarkan laporan dari Badan Geologi Amerika Serikat (USGS), sebagaimana dilansir CNN, gempa terjadi pada pukul 7.30 pagi waktu setempat. Awalnya, gempa dinyatakan berkekuatan 7,2 Skala Richter, namun akhirnya direvisi menjadi 7,3 SR.

Pusat gempa berpusat di 119 km sebelah barat daya Pulau Ndoi atau 452 km tenggara ibukota Fiji, Suva, dengan kedalaman 626 km dari permukaan bumi. Karena dalamnya pusat gempa, guncangan tidak sampai menimbulkan gelombang tsunami.

"Tsunami yang  merusak tidak tercipta, berdasarkan data historis tsunami dan gempa bumi," kata laporan Pusat Peringata Tsunami Pasifik AS yang berbasis di Hawaii.

Badan Meteorologi Jepang juga tidak mengeluarkan peringatan tsunami atau himbauan evakuasi pasca gempa bumi. Belum ada laporan korban jiwa ataupun kerusakan akibat gempa ini. (kd)

• VIVAnews

Click to comment