Senin

Google Docs Kini Diganti Jadi Google Drive?

Jakarta - Salah satu layanan Google yakni Google Docs diberitakan akan mengalami rebranding. Dengan aksi penyegaran tersebut, Google sepertinya akan semakin menguatkan layanan penyimpanan 'awannya'.

Kabar ini berhembus ketika seorang blogger dan konsultan media sosial, Johannes Wigand mengambil sebuah screenshot dalam acara yang disponsori oleh Google.

Dalam screenshot itu terlihat tampilan yang mirip dengan Google Docs. Akan tetapi di pojok kiri atas, alih-alih tertera nama 'Docs', yang tertulis ialah 'Drive'.

Begitu juga dengan menu folder, dijumpai label yang berbeda di mana ia tidak bertuliskan 'My Collections' akan tetapi bertuliskan 'My Google Drive', demikian dikutip detikINET dari VentureBeat, Senin (26/9/2011).

Bila memang benar Google Drive hadir, maka ia bisa menjadi pesaing dari layanan-layanan penyimpanan online seperti Dropbox dan Box.net. Semua layanan ini memang memiliki kemampuan sinkronisasi dengan file lokal.

Google Docs sendiri selama ini banyak difungsikan sebagai hard drive virtual. Berbagai macam dokumen bisa disimpan di sini seperti foto, video, file PDF, dan lain-lain. Dengan melakukan perubahan nama tersebut, user dipastikan akan lebih mudah untuk 'memahami' layanan itu.

Untuk urusan harga, Google Docs mematok harga lebih mahal dibandingkan layanan sejenis.

Sebagai perbandingan, Google memberikan penyimpanan 1GB secara gratis dengan opsi pembelian 20GB untuk seharga USD 5, sedangkan Dropbox menawarkan 2GB gratis dan 50GB per bulan dengan harga USD 10.

Layanan Box.net justru menawarkan kapasitas penyimpanan lebih banyak yakni 5GB secara free dan 50GB dengan biaya USD 10 per bulan.


EmoticonEmoticon