Senin

Inilah Tiga Pendatang Baru Ramaikan ABL

Jakarta - Persaingan ASEAN Basketball League (ABL) musim ini akan kian ketat dibandingkan dengan dua musim sebelumnya, setelah ada tiga tim baru yang ikut berkompetisi.

Tiga tim baru tersebut adalah San Miguel Beermen (Filipina), Bangkok Basketball Holdings (Thailand), dan Saigon Sports Academy Basketball (Vietnam).

Mereka akan bergabung dengan AirAsia Philippine Patriots, Westports KL Dragons, Chang Thailand Slammers, Singapore Slingers, dan Indonesia Warriors (musim lalu bernama Satria Muda BritAma).

Kompetisi ABL musim ketiga ini kemungkinan besar tak akan diikuti oleh Brunei Barracudas. Brunei memutuskan untuk tak ambil bagian pada musim ini.

"Masuknya tim kuat seperti San Miguel dari Filipina dan tim baru dari Vietnam dan Thailand menunjukkan bahwa ABL telah berubah menjadi ring gladiator basket di level regional yang disertai dengan ambisi besar untuk jadi yang terbaik di ASEAN," kata CEO ABL Kuhan Foo dalam konperensi pers di Hotel Mulia, Senayan, Senin (26/9/2011).

Sementara itu, Presiden SEABA Erick Thohir berharap bertambahnya peserta ABL akan diiringi dengan meningkatnya kualitas kompetisi.

"Kami tak mau menambah tim tapi kualitas kompetisinya menurun. Apalagi tim yang bergabung adalah tim-tim besar," kata Erick.

"Tujuan dari ABL salah satunya adalah meningkatkan kualitas pemain lokal supaya bisa bertanding di tingkat yang lebih tinggi. Oleh karena itu, kita ingin memastikan bahwa penambahan tim tak membuat kualitas kompetisi turun," tambahnya.

Kompetisi ABL musim ketiga baru akan dimulai pada 14 Januari 2012 mendatang. Hal ini untuk memberi kesempatan kepada para pemain untuk membela negaranya masing-masing di ajang SEA Games 2011.

Bertambahnya jumlah peserta juga membuat durasi kompetisi jadi lebih panjang. Kalau musim lalu kompetisi tuntas dalam empat bulan, pada musim ketiga nanti kompetisi akan berdurasi enam bulan.(detik)


EmoticonEmoticon