Selasa

NASA Segera Siapkan Internet Laser

http://a1.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/s720x720/309855_2006323048871_1567514402_31738231_329599707_n.jpg NASA tengah menyiapkan sebuah teknologi yang akan membawa koneksi internet super cepat ke luar angkasa. Teknologi ini menggunakan laser dan memiliki kecepatan 20 kali lipat lebih cepat dibandingkan metode koneksi internet NASA sebelumnya.

Menurut The Register, dalam beberapa tahun ke depan NASA akan mengujicobakan internet laser ini. Sebelumnya NASA menggunakan teknologi RF Radio yang jadul untuk melakukan koneksi, mengirim gambar beresolusi tinggi dari Mars saja butuh waktu 90 menit untuk satu gambar. Sedangkan teknologi laser ini hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit saja.
...
Sistem internet berbasis laser ini akan membutuhkan teleskop, laser, cermin, alat pelacak dan berbagai macam peralatan lainnya. Stasiun penerima dan pemancar satelit akan disebar di seluruh dunia untuk mencegah seandainya ada gangguan cuaca yang dapat menghambat koneksi internet laser.

Teknologi internet laser ini baru menjadi hak miliknya NASA untuk keperluan penelitian. Teknologi ini akan memudahkan penelitian NASA di Mars, Bulan dan juga berfungsi untuk menghubungi kru Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan kualitas komunikasi anti semut di layar.

Jika teknologi ini sukses barangkali metode ini akan menjadi metode koneksi internet dunia di masa depan. Saat ini koneksi internet via satelit masih menggunakan sinyal radio dan tidak menggunakan laser.(inilah)


EmoticonEmoticon