Rabu

Google Doodle Rayakan Ulang tahun Art Clokey

http://i.okezone.com/content/2011/10/12/55/514085/mVaLyjFpM0.jpgGoogle
Doodle yang dibuat oleh Google untuk merayakan hari-hari istimewa, dan hari ini merayakan ulang tahun ke 90 Art Clokey, pelopor yang mempopulerkan gerakan animasi dari tanah liat.

Rabu (13/10/2011), mesin pencari Google hari ini menampilkan bola-bola animasi tanah liat yang berwarna-warni, yang jika di-klik maka bola-bola itu akan bergerak dan berubah bentuk, ada yang berbentuk figur manusia dan kuda yang merupakan ciptaan Art Clokey yang terkenal.

Art Clokey, mengawali karirnya pada tahun 1955, saat ia membuat film animasi pertamanya "Gumbasia". Berawal dari situ, ia dan Ruth, istrinya menemukan karakter Gumby. Sejak itulah Gumby, figur dari batu hijau yang bergerak seperti manusia dan kudanya yang bernama Pokey menjadi sangat populer dan ditunggu kehadirannya di televisi Amerika untuk hadir dalam sebuh serial TV dengan judul Howdy Doody Show dan The Adventure of Gumby.

Art Clokey meninggal dunia pada 8 Januari 2008 saat ia tidur di rumahnya yang berada di Los Osos, California. Ia meninggal setelah berjuang menghadapi penyakit kandung kemih yang dideritanya.

Ulang tahun Art Clokey, merupakan hari istimewa pertama yang ada di Google Doodle setelah Google memberikan penghormatan melalui mesin pencarinya atas meninggalnya pendiri Apple, Steve Jobs beberapa hari yang lalu. (tyo)


EmoticonEmoticon