Selasa

Hujan Datang, Waspadai Demam Berdarah

Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kota Semarang memang terus mengalami penurunan sepanjang tahun ini. Penurunan dipicu meningkatnya kesadaran masyarakat untuk melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Meski begitu masyarakat saat ini sudah mulai diminta waspada sebab sudah mulai datang musim hujan.

Kepala Sub bidang Pemberantasan dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota (DKK) Semarang Widoyono mengatakan sepanjang tahun ini angka pasien DBD terus mengalami penurunan cukup drastis. Namun sudah ada hujan dalam beberapa hari terakhir juga perlu terus diwaspadai karena sudah ada banyak air menggenang yang biasanya digunakan jentik nyamuk aedes aygepti berkembang biak.

Berdasarkan catatan DKK hingga pertengahan Oktober sudah ada 1.222 kasus DBD dengan delapan pasien meninggal. Sedangkan empat bulan berturut- turut di tahun ini mengalami penurunan. Bulan Juni sebanyak 132 penderita, Juli mencapai 70 penderita, Agustus sekitar 57 orang, September sebanyak 42 orang penderita dan hingga pertengahan Oktober ada 11 pasien. Jumlah ini turun drastis dibandingkan tahun 2010 yang menyentuh angka 5.556 kasus dengan jumlah kematian sebanyak 47 kasus.


EmoticonEmoticon