Jumat

Kelemahan Klub di Indonesia Menurut AFC

Direktur kompetisi AFC, Suzuki Tokuoki telah melakukan verifikasi terhadap 24 tim di Indonesia untuk penentuan kuota Liga Champions Asia. Hasilnya, pria asal Jepang itu menilai banyak sisi negatif dan positif yang ditunjukkan klub klub Indonesia.
Sisi positifnya, Suzuki melihat ada hal yang bagus dalam liputan media. "Terutama televisi yang memiliki jangkauan luas," kata Suzuki, Jumat dini hari (14/10/2011).
Sementara sisi negatifnya, justru lebih banyak. Seperti stadion banyak yang kurang layak atau berkelas A. Gambaran umum rata rata kelemahan stadion di Indonesia, tidak adanya lampu atau kursi bernomor buat penonton. "Melihat kelemahan tersebut, tahun depan banyak klub yang akan memperbaikinya," tambah dia.
Kelemahan lain, lanjut Suzuki, panpel pertandingan yang kurang profesional. Padahal kesiapan panpel merupakan poin penting untuk laga internasional. Satu lagi, sistem pembinaan usia muda juga sangat kurang. "Hanya bagus di usia atas. Tidak ada kompetisi yang aktif di bawah 15 tahun."
Terkait munculnya fakta bahwa kompetisi di Indonesia akan dimulai pada 15 Oktober dan digelar ketika sebagian besar klub belum siap, Suzuki enggan berkomentar. "Posisi saya tidak untuk berkomentar untuk itu," pungkas dia.[via tribunnew.com]


EmoticonEmoticon