Senin

Lidah Buaya Kaya dengan Manfaat

Seperti yang kita ketahui, lidah buaya sangat baik untuk kesehatan rambut. Ternyata, lidah buaya yang sudah digunakan bangsa Samaria sejak tahun 1875 SM ini juga bermanfaat untuk mengatasi bermacam penyakit.

Dari hasil penelusuran inioke, ada beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan, yaitu:
...
Merawat kulit

Banyak ahil menggunakan cairan (gel) yang diambil dari daging daun lidah buaya untuk mengatasi radang kulit akibat sinar X ketika operasi, paparan sinar matahri terlalu lama, dan lain sebagainya. Selain itu, fungsinya juga menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan, serta perbaikan dan peremajaan kulit. Lidah buaya juga melembabkan kulit. Zat lignin yang dikandungnya diyakini dapat menembus sekaligus meresap ke dalam kulit serta menahan hilangnya cairan dari permukaan kulit sehingga kulit jadi tidak cepat kering sementara kelembapannya tetap terjaga.

Kekebalan

Lidah buaya merupakan antioksidan yang penuh kontra radikal bebas untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menyembuhkan luka bakar

Gel lidah buaya dapat menyembuhkan dan memperbaiki kulit yang terkena luka bakar, termasuk luka bakar akibat paparan sinar matahari.

Ketombe

Lidah buaya dapat membantu mengurangi gatal dan ketombe. Lidah buaya juga bisa digunakan untuk perawatan rambut sebelum keramas.

Detoksifikasi

Jus lidah buaya adalah peluruh racun alami, tetapi juga mengandung beragam vitamin dan mineral yang membantu tubuh kita mengatasi stres dalam kehidupan sehari-hari. Lidah buaya ternyata dapat mengatasi berbagai penyakit langganan pada anak-anak maupun dewasa, antara lain demam, nyeri lambung/maag, sembelit, gigitan serangga.

Gangguan pencernaan

Lidah buaya berguna terutama pada kasus panas perut serta iritasi usus dan tukak lambung. Lidah buaya diketahui dapat menenangkan esofagus dan mengatasi refluks asam. Konsumsi lidah buaya diyakini dapat menyembuhkan luka usus karena mengandung zat saponin yang mampu membersihkan usus sekaligus bersifat antiseptik. Senyawa antrakuinonnya berfungsi sebagai antibiotik, dan zat-zat lainnya berfungsi menjalankan peran epitelisasi atau merangsang pertumbuhan jaringan kulit dari sel-sel baru.

Kesehatan mulut

Lidah buaya sangat bermanfaat untuk masalah mulut dan gusi, terutama dalam memperbaiki gusi yang memburuk.

Diabetes

Setengah sendok jus lidah buaya yang diberikan selama 14 minggu terbukti mengurangi kadar gula darah sebesar 45 persen.


EmoticonEmoticon