Sabtu

Manfaat Cincau untuk Kesehatan

http://a7.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/302475_2034809921025_1567514402_31760069_1540853005_n.jpgBiasanya, kita menikmati segelas es cincau di siang hari yang terik agar menyegarkan. Ternyata, cincau sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Tanaman perdu yang tumbuh merambat ini bermanfaat untuk mengobati penyakit diare, hipertensi, dan demam.

Untuk mengobati diare dan hipertensi, kita cukup meremas-remas daun cincau dengan air matang, kemudian disaring dan dib...iarkan beberapa saat hingga berbentuk agar-agar. Lalu, tambahkan santan kelapa dan pemanis dari gula kelapa. Sedangkan, untuk mengobati demam, akar cincau diseduh dengan air panas dan disaring, lalu diminum seperti biasa.

Kata cincau sendiri berasal dari dialek Hokkian sienchau (xiancao) yang lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa di Asia Tenggara. Cincau sendiri di bahasa asalnya sebenarnya adalah nama tumbuhan (Mesona spp.) yang menjadi bahan pembuatan gel ini. Tumbuhan ini mengandung zat sejenis karbohidrat yang mampu menyerap air, sehingga daunnya menjadi padat. Selain mengandung zat karbohidrat , cincau juga mengandung zat lemak dan sebagainya.

Tumbuhan cincau sering ditemukan di daerah terbuka tepi hutan atau semak belukar, Tetapi ada juga yang dipelihara dan merambat pada semak belukar. Tumbuhan cincau ini cocok tumbuh di daerah yang mempunyai ketinggian kurang dari 1000 meter di atas permukaan laut.


EmoticonEmoticon