Jumat

Indonesia Termasuk Top 10 Negara Penyebar Spam di Dunia

Tags

Perusahaan keamanan IT dan proteksi data, Sophos, baru-baru mempublikasikan mengenai Negara penyebar spam terbanyak yang didistribusikan melalui email. Amerika Serikat masih merupakan tempat penyebar spam terbanyak di dunia, dan yang kerennya (keren ya?) negara-negara Asia “berhasil” menempatkan dirinya untuk menguasai top 10 daftar ini. Sayangnya, Indonesia juga termasuk di dalamnya dengan besaran 3.3% dan menempati posisi ke-8.

Di dalam daftar ini, negara-negara Asia lain yang juga masuk sebagai negara penyebar spam adalah Korea Selatan, India, Taiwan, dan Vietnam. Semuanya termasuk negara-negara yang sedang sangat berkembang dalam penetrasi Internet dan infrastruktur Teknologi Informasi, di mana Korea Selatan adalah salah satu negara dengan penetrasi broadband terbesar di dunia. Di Q3 2010, Asia “hanya” bertanggung jawab terhadap 30% spam di dunia, tetapi di Q3 2011 ini, 50% spam berasal dari Asia.
Menurut Sophos, kebanyakan dari email spam ini didistribusikan menggunakan “botnet”. Suatu “jaringan” yang terdiri dari komputer yang terinfeksi (zombie) yang dikontrol oleh spammer. Biasanya infeksi terjadi jika pengguna komputer mengklik tautan ataupun attachment yang terdapat dalam email spam. Apalagi jika komputer korban ini tidak memiliki antivirus yang up-to-date. Jadi bagi kalian yang merasa belum menguapdate antivirusnya, segeralah di update agar kalian tidak menjadi korban dari spammer negara kita sendiri. hehe
Berikut daftar Top 12 negara-negara penyebar spam terbanyak di dunia:

Top

Jadi bagaimana tanggapan kalian? Dengan masuknya Indonesia sebagai Top 10 Negara penyebar spam. Banggakah?

referensi: dailysocial.net


EmoticonEmoticon