Senin

Logo Google, Eadweard J. Muybridge Pelopor Sinematografi di Logo Google

Tags


Eadweard Muybridge
Eadweard J. Muybridge adalah seorang fotografer Inggris keturunan Belanda yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di Amerika Serikat. Eadweard Muybridge dikenal sebagai pelopor sinematografi atau gambar bergerak. Film modern yang biasa kita nikmati saat ini adalah berkat jasa beliau.
Bermula dari usaha mengabadikan gerak kuda dengan memanfaatkan multi kamera untuk menangkap motion. Dia juga pencipta zoopraxiscope, sebuah perangkat untuk memproyeksikan gambar bergerak sebelum munculnya kamera film modern.
Pada tahun 1872, mantan Gubernur California Leland Stanford, yang juga pemilik usaha pacuan kuda, memperdebatkan apakah keempat kaki kuda diangkat secara bersamaan selama berlari.
Lukisan kuda berlari dengan kecepatan penuh kebanyakan memperlihatkan keempat kaki kuda yang menjorok ke dalam atau keluar secara bersamaan sehingga kelihatan tidak menyentuh tanah.
Gubernur Stanford menyebutnya “unsupported transit“, dan mengundang Eadweard Muybridge untuk menyelidiki dan menjawab teka teki tersebut.
Dalam prosesnya, Muybridge menggunakan serangkaian kamera besar dengan pelat kaca yang ditempatkan sebaris, masing-masing dipicu oleh hentakan saat kaki kuda melewatinya. Foto langkah kaki kuda tersebut disalin dalam bentuk siluet ke disk dan diamati dalam mesin yang disebut Zoopraxiscope. Percobaan inilah yang menjadi tahap peralihan dari gambar diam menuju gambar bergerak atau sinematografi.
Hari ini, 9 April 2012, Google memperingati 182 tahun kelahiran Eadweard J. Muybridge dengan logo animasi kuda berlari yang juga menggambarkan film pertama yang pernah dibuat oleh Eadweard. Bagaimana google doodle hari ini? Tulis di kolom komentar.

sumber : http://sidomi.com/83414/eadweard-j-muybridge/


EmoticonEmoticon