Sabtu

Penyakit Cacar Air dan Obat Tradisionalnya

Tags

Salah satu jenis penyakit yang mendapatkan perhatian pemerintah adalah cacar air. Imunisasi cacar merupakan salah satu yang disarankan pemerintah agar dilakukan sejak anak masih bayi, meski untuk imunisasi kita harus membayar. Apalagi penyakit cacar air termasuk penyakit menular yang cepat menyebar ke orang di sekitarnya. Selain itu, bekas cacar pada kulit dapat mengganggu penampilan karena tidak mudah dihilangkan. Gejala yang muncul setelah terserang penyakit ini umumnya mirip dengan gejala penyakit infeksi virus atau bakteri lainnya. Diantara nyata panas badan dan demam tinggi yang disertai tubuh lemas dan nyeri pada persendian. Selain itu, akan muncul lenting berupa bintik kemerahan di sekujur tubuh. Lenting ini terasa nyeri, gatal, dan kadang juga panas, Apabila tergaruk, maka akan pecah dan dapat menular pada kulit yang menyentuhnya.

Mengatasi Ruam
Penyakit cacar air yang disebabkan oleh virus varicella ]oster sebenarnya bukan penyakit berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya setelah melewati masa kritis dalam seminggu pertama. Namun untuk mencegah dampak yang lebih serius, perlu dilakukan pencegahan sejak awal. Diantaranya, penderita dapat diberikan air minum dalam jumlah banyak. Sedangkan untuk mencegah demam tinggi dapat diberikan obat penurun panas. Sedangkan untuk mencegah lenting atau ruam merah pada kulit tergaruk, dapat diberikan salep anti bakteri ataupun bedak anti jamur atau anti bakteri yang mengandung mentol  maupun bedak salicyl. Namun agar lenting cacar tidak menyebar ke seluruh tubuh, sebaiknya penderita cacar air tidak mandi terlebih dahulu hingga benar-benar sembuh. Selain itu, akan lebih baik lagi kalau orang  yang terkena penyakit ini beristirahat didalam kamar dan tidak terkena udara luar.
Apabila setelah 3 hari gejala tidak memperlihatkan penurunan, maka sebaiknya segera di periksakan ke  okter untuk mendapatkan pengobatan medis yang tepat. Saat ini telah tersedia obat yang cukup manjur untuk mengatasi penyakit cacar air, sehingga kita pun tak perlu khawatir terhadap penyakit i
 Asupan Alami
Selain itu, apabila kita mengalami gejala penyakit ini, kita pun dapat melakukan pencegahan awal dengan memberikan asupan alami. Diantaranya kita dapat minum air putih yang dicampur dengan madu. Selain itu kita pun dapat mengkonsumsi air kelapa hijau yang kabarnya dapat mencegah penyebaran lenting atau bintik merahyang berisi air dan kuman bakteri tersebut. Begitu juga ketika tubuh sudah mulai membaik dan sembuh, kita dapat mengkonsumsi makanan seperti buah atau sayuran yang banyak mengandung gizi terutama untuk secepatnya memulihkan kondisi tubuh. Bahkan kalau bisa, penderita penyakit cacar disarankan untuk makan makanan dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Menu empat sehat dan lima sempurna maupun gizi seimbang merupakan menu paling baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah penyakit berkembang lebih berat.

Source : anneahira.com


EmoticonEmoticon