Sabtu

Penyakit Diare dan Obat Tradisionalnya

Tags

Diare (atau dalam bahasa kasar disebut menceret) (BM = diarea; Inggris = diarrhea) adalah sebuah penyakit di mana penderita mengalami rangsangan buang air besar yang terus-menerus dan tinja atau feses yang masih memiliki kandungan air berlebihan. Di Dunia ke-3, diare adalah penyebab kematian paling umum kematian balita, dan juga membunuh lebih dari 2,6 juta orang setiap tahunnya.

Gejala
Gejala diare atau mencret ditunjukkan dengan tinja yang encer dengan frekuensi 4 x atau lebih dalam sehari, bahkan lebih. Terkadang diare disertai dengan muntah, panas, badan lesu, tidak nafsu makan. (wikipedia)

Pengobatan
Tujuan utama pengobatan diare adalah mencegah dehidrasi dengan pemberian oralit (rehidrasi) dan mengatasi penyebab diare. Pengobatan yang diberikan juga harus disesuaikan dengan kondisi pasien. Adapun penanganan secara alami adalah dengan cara merebus beberapa daun jambu biji dengan 2-3 gelas air. Biarkan mendidih hingga air tinggal 1 gelas. Diamkan, setelah dingin minum. Sebaiknya ini rutin dilakukan hingga konsentrasi kotoran tidak cair lagi.
Bila ingin dicampur dengan kunyit, tumbuk beberapa lembar daun jambu biji yang masih muda dengan 1-2cm kunyit. untuk mengurangi rasa getir bisa dicampur dengan garam. Setelah jadi, bahan tumbukan tadi dimasukkan kedalam kain kasa yang steril. Rendam pada segelas kecil air hangat kemudian peras hingga dirasa cukup kental. Lalu minum perasan air tadi.


EmoticonEmoticon