Sabtu

Penyakit Sariawan dan Obat Tradisionalnya

Tags

http://4.bp.blogspot.com/-WhNisttdt4o/T1srFkWSiuI/AAAAAAAABQw/rft4O1qUhP4/s1600/sariawan.jpgSeriawan (disebut pula sariawan) atau stomatitis aphtosa adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Munculnya Seriawan ini disertai rasa sakit yang tinggi.
Seriawan merupakan penyakit kelainan mulut yang paling sering ditemukan. Sekitar 10% dari populasi menderita dari penyakit ini, dan wanita lebih mudah terserang daripada pria.
Ada beberapa faktor penyebab yang diduga menjadi penyebab munculnya seriawan, seperti luka tergigit, mengonsumsi makanan atau minuman panas, alergi, kekurangan vitamin C dan zat besi, kelainan pencernaan, kebersihan mulut tidak terjaga, faktor psikologi, dan kondisi tubuh yang tidak fit.Seriawan di tempat yang sama selama dua minggu hingga satu bulan dapat dijadikan indikasi adanya kanker rongga mulut.Stomatitis Aphtous/Ulcer bukan hanya disebabkan karena kekurangan Vitamin C, namun sebaliknya SA dikenal disebabkan oleh alergi citrus atau alergi makanan yang mengandung asam, kondisi imun yang lemah, obat-obatan tertentu, trauma fisik (ataupun penggunaan gigi palsu baru), dsb.Penyakit kekurangan vitamin C sendiri adalah Scurvy atau kegagalan proses sintesis kolagen yang ditandai dengan gusi mudah berdarah, pendarahan kulit (purpura) dsb.(sumber: Wikipedia)


Obat Tradisional Penyakit Sariawan
Untuk mengobati sariawan anda tidak hanya perlu mengkonsumsi vitamin C tapi juga antioksidan untuk menjaga tubuh dari radikal bebas, memerangi penyakit, serta menjadikan kondisi tubuh lebih baik dari sebelumnya. Khasiat buah manggis yang dikenal sebagai ratu buah dipercaya sejak ratusan tahun yang lalu oleh penduduk Indonesia sebagai ramuan untuk mengobati sariawan, serta penyakit-penyakit lainnya. Konon tahun 1800-an Ratu Victoria dari Inggris menawarkan hadiah uang yang sangat banyak bagi orang yang dapat menemukan buah manggis, dimana buah manggis merupakan buah yang langka di masa itu.
Berdasarkan penelitian Buah Manggis mempunyai bahan aktif biologi yang sangat kaya dengan ANTIOKSIDAN yang tinggi dengan aktivitas yang sangat kuat, selain vitamin, poly-saccharides, stilbenes sehingga cocok sebagai obat herbal sariawan.


EmoticonEmoticon