Kamis

Malam Nanti Di Prediksikan Puncak Arus Mudik

Tags

ILUSTRASI
Jakarta, Tiga Hari Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriah, Hingga kemarin arus mudik di jalur laut, udara, dan darat terus meningkat. Yang terparah adalah kemacetan mulai pintu tol Cikampek hingga Simpang Jomin. Kepadatan jalan sudah mulai tampak akibat peningkatan volume kendaraan yang menuju Pantura Jawa. Kemungkinan Malam ini dan besok (17/8) diperkirakan menjadi titik terpadat arus mudik 2012.

"Simpang Jomin terpantau sudah mulai meriah. Padat," ujar Iptu Dedi dari TMC Polda Metrojaya kepada INDOPOS. Pengalihan arus masih belum dilakukan. Namun, petugas di lapangan sempat melakukan buka tutup untuk arus kendaraan dari arah Jakarta dan diarahkan ke Sadang.

Dari data di Posko Kementerian Perhubungan, diketahui seluruh jalur transportasi umum mengalami peningkatan signifikan pada periode 16-18 Agustus. Tercatat ada 540.627 pemudik yang sudah meninggalkan Jakarta sejak Rabu kemarin. Jumlah pemudik yang lebih dari setengah juta itu menggunakan jasa kereta api sebesar 208.927 orang, bus 38.521 orang, kapal laut 5952, dan pesawat 287.227 orang. Itu belum termasuk pemudik sepeda motor yang belum terhitung jumlahnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan, kepolisian telah menyiapkan skenario buka tutup jalan hingga pengalihan arus. Petugas di lapangan akan menerapkan langkah antisipatif tersebut dengan menimbang kondisi yang ada.