Rabu

Yuk Cicipi Kuliner di Lamongan

Tags

Rofiqsr News, Beberapa kali ke kota Soto ini membuat saya ingin memposting kuliner saya disini, Selain soto Lamongan, sari laut & tahu campur nya yg sudah tersohor dan bisa kita temukan di ujung-ujung jalan di kota manapun, Saya ingin membahas makanan lainnya. Anyway, saking terkenalnya dengan sotonya, di daerah Sekaran, Maduran ada satu kampung yg isinya pedagang-pedagang soto Lamongan yg sukses merantau di kota-kota besar, sampai si desa itu maju & makmur sekali, sampai ada kata-kata yg sangat terkenal disana. “Orang Lamongan selama ada wajan bisa hidup” alias mereka hidup dari jualan masakan , mari deh kita simak kuliner di kota yg terkenal bawa wajan ini..uppss.. hehehe..

1. Sego Boranan (Nasi Boranan)


Khas Lamongan, penjualnya ibu-ibu yg berjejer di pinggir jalan, tapi tidak semua jalan lho. Biasanya terpusat di Pasar Lamongan baru atau di dekat alun-alun kota dan di depan Lamongan Plaza. Para penjual melengkapi dirinya dengan tenong berisi sate jeroan ayam, tempe, tahu, peyek kacang tanah dan sayur urap kelapa, taoge dan alur (sayuran berbentuk seperti rumput) Khasnya Nasi Boranan adalah iwak kutuk dan iwak sili (ikan air tawar) sebagai lauknya. Enak dan pedas-pedasnya sedep :) harga tergantung pemilihan lauk ya.

2. Wak Tunggal

Bentuknya sederhana seperti nasi bungkus kebanyakan, dengan tiga pilihan lauk : daging, ayam dan telur. Harga paling mahal 6000 saja. Namun rasanya si daging dan bumbunya wiiihh sedepnya. Warung ini sudah terkenal dari jaman dulu sekitar tahun ’50an, Lokasinya di depan Bank BRI pusat Lamongan. jadi mudah dicapai. It’s recommended!

3. Depot Kaliotik


Letaknya di jalan Raya Jaksa Agung Suprapto, jalan besar yg selalu dilewati bis utama pantura. Karena itu pulalah depot ini menjadi langganan orang-orang yg hendak keluar kota melewati jalur pantura. Menjual makanan khas Jawa Timur dengan prasmanan enak dan terjangkau. Tapi jangan kaget kalau anda kesana parkiran mobil ataupun motor selalu penuh, setiap hari ramai. Buka jam 9 pagi sampai 9 malam. Bisa menjadi pilihan anda sewaktu melintasi kota ini.

4. Gule & Sate Kambing Pak Sopyan, Babat


Kalau yang ini juga mungkin sudah banyak yg tahu, warungnya sih sederhana saja, pinggir jalan di dekat Pasar Babat tapi kalau anda sudah mencoba gule nya, hmmm..hehehe coba sendiri lah, speechless saya :D . Saya tanya suami, warungnya sudah ada jaman dia masih kecil, dan langganan dari dulu. Rasa gulenya gurih dan pas banget sedapnya, duuh kebayang lagi deh.. Kalo sate nya sih biasa aja ya, mungkin tempat lain banyak yg lebih enak. Namun Gule nya yg manteb seporsi Gule+Nasi+Teh adalah 20.000/org (tidak termasuk sate ya) daaann  satisfaction terbayar sudah.

Silahkan jika anda ingin mencoba kuliner-kuliner tadi saat mampir di Lamongan, yg terkenal sudah saya coba semua saya hanya menyampaikan. Jadi… apa kuliner di kota anda?,,,,.....