Sabtu

Dampak-dampak Internet Untuk Ekonomi dan Contohnya

1. Dampak Positif
Dalam bidang ekonomi teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya antara lain:
1. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
2. Terjadinya industrialisasi
3. Produktifitas dunia industri semakin meningkat
Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.
4. Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
5. Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi

Dalam bidang ekonomi, kemajuan internet terutama pada aplikasi mesin pencari memudahkan suatu perusahaan dalam melihat target pasar dari perusahaan tersebut. Selain itu, teknologi internet juga membawa suatu perubahan pasar yakni saat ini transaksi penjualan/pembelian tidak hanya dapat dilaksanakan ketika penjual dan pembeli bertemu secara langsung namun dalam dunia maya sekalipun. Contoh transaksi jual beli yang biasa kita temukan di internet seperti Shopping Online, Penjualan tiket pesawat, dll.

2. Dampak Negatif
Dampak internet yang begitu kuat dalam kehidupan manusia tentunya juga berpengaruh negatif pada bidang ekonomi yaitu :
1. Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
2. Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental “instant”.
Seiring dengan berkembangnya teknologi internet, berkembang pula hal – hal lain seperti virus yang dapat membahayakan data dalam suatu komputer, spyware dimana seseorang dapat menggunakan data atau dokumen orang lain tanpa diketahui oleh pemilik data atau dokumen tersebut, spam dimana seseorang dapat mengetahui account password seseorang, membukanya dan menggunakan pasword – password rahasia pemilik seperti ATM dan bank.
Selain itu, dampak buruk lain dari internet adalah timbul berbagai macam kejahatan. Diantaranya adalah pencurian uang di Bank melalui internet, dan biasanya orang yang ahli di bidang itu disebut Hacker. Perbuatan kriminal tersebut sulit untuk di deteksi karena mereka menggunakan taktik sendiri dan kode-kode tertentu dalam pelaksanaan misi mereka. Dan itu semua tidak dapat diketahui pihak lain. Pembobolan Bank ini dapt merugikan negara karena jumlah yang diraut bukan hanya jutaan rupiah, melainkan trillyun rupiah. Contoh kejahatan lain adalah penipuan undian berhadiah dan masih banyak lagi tindak kriminal yang dilakukan melalui internet.
Tindak kriminal mereka ini menjadi kegiatan perekonomian yang menguntungkan bagi mereka para pelaku kriminal internet tetapi sangat merugikan masyarakat yang terjebak di dalamnya. Dalam kasus jual beli di shopping online contohnya banyak penipuan yang terjadi, uang sudah dikirim oleh pembeli tetapi barang yang diminta tidak kunjung sampai ke tangan pembeli. Penjual melakukan aksi tipu menipu yang sangat jitu dalam hal ini. Dan kebanyakan dari mereka yang melakukan penipuan itu sulit untuk terdeteksi karena tidak ada data diri atau perusahaan yang jelas.

Dari fakta diatas dapat disimpulkan bahwa internet banyak membantu manusia dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari dan dalam rangka kegiatan mencari uang dan memperlengkapi kebutuhannya. Internet menjadi pedang bermata dua dalam kehidupan. Internet bisa berdampak positif dan juga negatif tergantung cara masing – masing individu menggunakannya.


EmoticonEmoticon