Selasa

Meski Hanya Pelengkap, Seledri Bergizi Tinggi

http://a7.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/s720x720/294257_2006721138823_1567514402_31738438_1417206786_n.jpgMeski seledri sering tampak sebagai pelengkap menu sayur semata, ternyata di dalamnya mengandung banyak zat yang menyehatkan tubuh. Sebut saja natrium, magnesium, sodium, protein, belerang, kalsium, besi, fosfor, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C.

Kalau diurai beberapa manfaat zat tersebut, akan semakin terlihat berharga sayuran ini. Magnesium, misalnya, dapat menghilangkan stres. Sedangkan, zat natrium akan melarutkan tumpukan kalsium yang mengendap di ginjal dan sendi. Sodium berguna untuk menguatkan kondisi badan. Belum lagi kandungan vitaminnya yang tak kalah besar bermanfaatnya.

Tapi, tunggu dulu. Ada zat lagi yang tersembunyi, yaitu psoralen. Zat ini berfungsi sebagai antioksidan yang berguna untuk menghambat perkembangan sel kanker.

Tanaman spesial ini tidak hanya daunnya saja yang dimanfaatkan. Tangkai dan biji juga dapat dipakai sebagai obat alami. Bijinya bisa dipakai untuk obat flu, gangguan pencernaan, gangguan fungsi kerja limpa, dan gangguan hati.

Meski dalam menu masakan jumlah daun seledri tidak seberapa, sebaiknya santap semua. Toh, tidak ada ruginya buat kesehatan. Dan, manfaat seledri lebih terasa jika dimakan mentah secara rutin.


EmoticonEmoticon